7 pertimbangan yang harus kamu ketahui sebelum membeli mobil

9 Dec 2016

Mobil salah satu kebutuhan yang tergolong kepada kebutuhan sekunder, artinya mobil merupakan bukan kebutuhan dasar yang harus dimiliki seperti layaknya memiliki rumah. Memang memiliki sebuah mobil dapat menjadi tolak ukur sebagai tingkat kemapanan tersebut. Akan tetapi demi mengejar satu nama tersebut anda harus memaksakan untuk memiliki mobil meski kondisi keuangan anda  belum memungkinkan untuk memilki mobil hal ini bisa saa menjadi bumerang dikemudian hari. Meski saat sekarang cukup finance memberikan DP (debt payment) kecil dan cicilan pas dikantong, yang perlu diketahui pas bahasa di kontong itu sbubjektive, bisa saja pas dikontong yang memiliki penghasilan tinggi lantas anda memaksakan diri membeli mobil secara kredit tersebut. Berikut pertimbangan ketika mengajukan kredit mobil bekas atau kredit mobil baru.

  • parkir kendaraan

Sesudah beli mobil, pastinya mobil bakal anda bawa pulang lantas anda simpan di garasi atau halaman rumahmu. Namun apa yang berlangsung bila anda tak mempunyai garasi atau halaman tempat tinggal yang ideal? Memarkir mobil pasti mesti hati-hati, lantaran kemungkinan kecurian serta rusaknya jadi besar bila diparkir asal-asalan. Jadi cobalah fikirkan apakah anda harusnya mempunyai mobil atau memperluas tempat tinggal anda dahulu.

  • Biaya keseharian parkir

Bukan sekedar harga beberapa barang yang makin mahal, namun tarif parkir juga turut bertambah, misalnya di Jakarta. Harga parkir di Jakarta biasanya Rp4. 000 per jam. Pikirkan bila anda mengendarai mobil ke kantor, berapakah cost parkir yang perlu anda mengeluarkan sehari-harinya? Asumsikan anda bekerja 8 jam satu hari sepanjang 22 hari. Jadi dalam 1 bln. anda harusnya menyisihkan duit sebesar Rp704 ribu sepanjang satu bulan. Apa pendapatanmu mencukupi? 

  • Biaya yang dikeluarkan untuk bensin dan tol

Mari kita ambillah contoh di Kota Jakarta yang macet ini. Anda tentu sudah mengetahui kalau macet di Jakarta yaitu hal umum yang dirasa orang sehari-harinya. Jadi mungkin saja orang bakal terasa ada yang janggal saat jalanan di Jakarta tengah lancar jaya. Dgn keadaan macet ini, duit yang diperlukan untuk bensin mobilmu tentu jadi tambah, lantas lantaran macet juga, anda bakal pilih untuk naik jalan tol dgn maksud untuk hindari macet. Kita asumsikan anda cuma menggunakan mobil untuk bekerja lantaran bila anda gunakan untuk berjalan-jalan sudah pasti pengeluaran bakal makin besar. Dalam satu minggu anda mesti beli bensin sebesar Rp100 ribu serta cost tol seharinya yaitu Rp15 ribu. Untuk satu bulan, anda mesti mempunyai duit Rp400 ribu cuma untuk bensin, serta Rp330 ribu untuk masuk jalan tol. Besar juga ya?

  • Biaya yang harus diikeluarkan untuk perawatan/service

Sebagai yang memiliki serta pemakai mobil, anda tentu menginginkan supaya mobilmu senantiasa dalam keadaan fit serta nyaman digunakan. Oleh karenanya anda bakal lakukan servis mobil serta hal semacam ini bakal memberi pengeluaranmu. Ada 2 type servis, yaitu servis berkala serta servis penambahan bila mobilmu punya masalah. Cost servis ini berbagai macam, dapat murah serta dapat mahal bergantung pada periode waktu servis atau seberapa besar rusaknya yang perlu di servis.

  • Biaya pengeluaran untuk pajak tahunan

Supaya mobilmu dapat digunakan, anda mesti mempunyai Surat Sinyal Nomer Kendaraan (STNK) yang disebut jati diri mobilmu. Tiap-tiap tahunnya anda mesti mengatur uangmu untuk cost ini lantaran bila tak dibayarkan, mobil tak dapat dipakai serta anda bakal kesulitan waktu bakal perpanjang surat STNK kelak. Cost pajak STNK yang perlu dibayarkan beragam bergantung type serta th. mobil.

  • Biaya pengurusan Maupun perpanjang surat izin mengemudi (SIM A)

Mempunyai mobil bakal jadi percuma bila anda tak mempunyai kartu yang satu ini. Agar bisa mengendarai mobil, anda mesti mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) lantaran ini mengisyaratkan kalau anda telah cukup usia serta dapat mengendarai kendaraan. Type SIM untuk dapat mengendarai mobil yaitu SIM A. Supaya anda mempunyai SIM A, anda mesti membayar cost pembuatan SIM serta mesti diperpanjang tiap-tiap 5 th. sekali.

  • Biaya untuk asuransi mobil

Apabila anda baru beli mobil, terlebih anda membayar dgn langkah dicicil, keadaan mobil mesti senantiasa terbangun supaya tetaplah bagus lantaran bakal begitu mengesalkan bila mobil anda penyok atau rusak. Diluar itu, bila berlangsung kecelakaan atau rusaknya mobil, cost yang anda butuhkan untuk memperbaikinya tidaklah murah. Jadi anda perlu asuransi mobil untuk mengecilkan pengeluaran anda. Tetapi dgn asuransi juga, anda mesti membayarkan cost premi asuransinya.


TAGS kredit mobil kredit mobil bekas


-

Author

Mengulas berbagai informasi seperti tips dan cara, kesehatan, pendidikan, keuangan, investasi hingga seputar percintaan

Follow Me