Cek Dulu Kondisi Keuangan Anda Sebelum Mengajukan pinjaman dana tunai

3 Dec 2016

Dengan kondisi ekonomi seperti sekarang ini di tambah lagi dengan kebutuhan yang terus meningkat setiap saat, kita di tuntut untuk selektif dan pintar dalam mengelola keuangan yang ada. Apalagi hidup di perkotaan, kebutuhan hidup yang harus di penuhi seakan memaksa kita tak hentinya memutar otak agar kebutuhan tetap bisa tercukupi dengan penghasilan yang di peroleh. Padahal dalam menjalankan kehidupan bukan hanya kebutuhan pokok saja yang harus di penuhi. Kebutuhan tambahan pasti akan selalu ada dan tidka pernah lepas misalnya saja biaya untuk memperbaiki rumah yang rusak, biaya berobat ke rumah sakit dan kebutuhan tambahan lainnya.

Akan tetapi, di satu sisi ada pihak yang menggunakan keadaan ekonomi dengan menciptakan produk- produk berupa jasa pinjaman tanpa agunan cepat. Produk jasa pinjaman dana tunai ini berangkat dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang kondisi keuangannya kurang untuk bisa memenuhi semua kebutuhan. Di satu sisi, masyarakat terbatu di sisi lain penyedia jasa juga mendapatkan keuntungan untuk itu. Seperti yang di ketahui saat ini telah banyak penyedia jasa pinjaman dana tunai yang menawarkan jasanya kepada masyarakat. Baik bank maupun lembaga keuangan non- bank.

Tentu menjadi sebuah jalan bagi masyarakat yang ‘devisit’ untuk mendapatkan bantuan dana tunai. Namun untuk mendapatkan pinjaman dana itu juga tidak secara instant bisa di peroleh. Pihak kreditur pun pasti memiliki syarat dan ketentuan yang harus di penuhi oleh debitur. Ketika anda menerima brosur tawaran pinjam dana tentu juga tertera beberapa persyaratan wajib yang musti di penuhi. Dan berbagai ketentuan- ketentuan yang di buat dalam melakukan pengajuan pinjaman ini.

Produk KTA misalnya. Produk kredit yang satu ini ialah produk yang paling sering di tawarkan kepada masyarakat terutama masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah. Mengapa? Produk KTA ini merupakan produk kredit dengan kemudahan tanpa adanya syarat untuk menyertakan aset sebagai jaminannya. Dengan tanpa adanya jaminan maka masyarakat semakin gampang untuk bisa mendapatkan bantuan dana untuk mencukupi kebutuhannya. Kemudahan syarat dan cepatnya proses pencairan dana sepertinya juga menjadi alasan tersendiri bagi masyarakat mau menggunakan produk KTA ini. meskipun plafon yang di sediakan oleh bank tidak cukup besar, namun tentu sangat membantu masyarakat dengan berbagai kemudahan yang di tawarkannya.

Kelihatannya mungkin sangat mudah untuk mendapatkannya namun sebanarnya ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan pinjaman dana tunai dari bank. Salah satunya ialah kondisi keuangan atau finansial yang Anda miliki. Dengan mengajukan pinjaman itu berarti Anda menambah satu beban lagi pada keuangan Anda. Jika sebelumnya hanya untuk memenuhi kebutuhan saja, kini ada beban lain yang harus Anda bayarkan yaitu cicilan atau angsuran hutang.

Mengapa penting untuk melihat dan mengecek kondisi keuangan terlebih dahulu sebelum meminjam dana? karena bukan hanya karena keuangan menjadi pertimbangan dan analisis bank dalam memberikan pinjaman kepada Anda, namun juga akan mempengaruhi kondisi ekonomi Anda selama masa cicilan hingga selesai. Pinjaman dana tunai memang sangat membantu untuk bisa menyelesaikan masalah keuangan yang sedang melilit, namun bisa juga menjadi tambahan masalah ketika Anda tidak mampu mengaturnya. Perlu di ketahui bahwa idealnya jumlah hutang (angsuran per bulan) tidak melebihi dari 30% dari penghasilan yang Anda peroleh setiap bulannya. Jika melebihi standart tersebut maka kondisi keuangan bisa jadi tidak stabil nantinya yang bisa saja membuat Anda lebih sulit mengatur keuangan dan malah terjebak pada hutang yang semakin banyak. Semoga Bermanfaat.

 


TAGS dana tunai


-

Author

Mengulas berbagai informasi seperti tips dan cara, kesehatan, pendidikan, keuangan, investasi hingga seputar percintaan

Follow Me