Sebaiknya pengajuan pinjaman melalui bank atau Fintech/startup

30 Nov 2016

Diera tekonologi yang serba cepat sekarang semua seakan berlomba-lomba untuk lebih terdepan, baik itu perorangan maupun lembaga. kamajuan teknologi memang tidak bisa dipungkiri sangat memudahkan pekerjaan orang. Hampir 70% pekerjaan dilakukan melalui internet ibarat kata semua ada di ujung jari. Kemunculan Financial tehnologi berbasis internet/start-up salah satu kemudahan berkat kemajuan jaman dimana lembaga keuangan seperti perbankan seakan berlomba - lomba menaarkan produk mereka.

Sebenarnya lebih banyak yang menawarkan pinjaman yang di untungkan tidak lain ialah seorang debitur, karena semakin banyak kreditur yang menawarkan pinjaman semakin leluasa debitur dalam memilih kreditur mana yang lebih murah dalam memberikan bunga pinjaman. Berikut keuntungan dan kelemahan pinjaman melalui bank dan fintech

 

Keuntungan pinjaman melului Bank

1. Bunga pinjaman lebih ringan

Bank dipercaya akan lebih ringan dalam menetapkan suku pinjaman kepada debitur karena mereka tidak mengandalkan pihak ketiga sebagai pembiayaan, dengan kata lain mereka memberikan dana sendri untuk disalurkan kepada debitur dengan begitu bunga pinjaman bisa lebih disesuaikan

2. Tujuan pinjaman lebih bervariasi.

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan dalam hal pembiayaan, dengan begiut produk bank lebih banyak bila dibandingkan lembaga pembiayaan non bank.

3. Jumlah pinjaman dapat di ajukan dengan nilai nominal/tergantung daripada nilai agunan anda

Kelemahan mengajukan pinjaman dibank

Dari dulu hingga sekarang permasalah yang dihadapi calon debitur bila mengajukan pinjaman di bank tampaknya belum berubah yakni proses dan persyaratan yang lebih rumit. Hal seperti ini memungkinkan calon nasabah berpaling untuk mengajukan pinjaman ditempat pinjaman uang uang selain bank

Keuntungan mengajukan pinjaman melalui Fintech/Start-up

1.Proses dan persyaratan lebih mudah

 Meski Para penyedia pinjaman/fintech umumnya mengandalkan pihak ke tiga dalam memberikan pinjaman, tetapi mereka lebih fleksible karena persaratan dan prosedur yang harus dilakukan debitur tidak serumit yang ada dibank. Bahkan ada sebagian lembaga pembiayaan selain bank berani menyalurkan pinjaman tanpa jaminan dan kartu kredit meski jumlahnya tidak terlalu besar dipercaya hal tersebut sangat beresiko tinggi terjadinya gagal bayar/kredit macet.

2. Proses persetujuan pinjaman lebih cepat

point tidak berbeda jauh dengan point 1 diatas. Bila persyaratan yang telah terpenuhi kemungkinan besar nasabah sudah bisa menikmati pinjaman 2 hari kedepan

 

Kekurangan mengajukan pinjaman pada Startup

1.  Nilai pinjaman lebih Kecil

Seperti dijelaskan diatas startup lebih mengandalkan pihak ketiga dalam menyalurkan pinjaman, hal tersebut memungkinkan dalam memberikan pinjaman lebih kecil bila dbandingkan pembiayaan bank.Perkembangan startup khususnya tiga tahun terakhir ada beberapa bank yang berani memberikan pinjaman dalam jumlah besar seperti taralite misalnya, mereka memberikan pinjaman kepada calon debitur dari 6 juta hingga 200 juta.

2. Bunga pinjaman sedikit lebih tinggi

Mungkin anda sudah tau jawabannya. Yup,,, karena startup mengandalkan pihak ke tiga otomatis bunga pinjaman maupun biaya administrasi lainnya lebih tinggi, hal ini memungkinkan  pinjaman yang dilakukan debitur berpengarus  pengembalian yang harus dibayarkan lebih tinggi dari yang seharusnya bila melakukan pinjaman melalui pinjaman.

Baik melalui Bank Maupun Fintech sama sama memiliki keuntungan dan kelemahan jadi silahkan sesuaikan menurut anda mana yang lebih menguntungkan.

Lihat juga Cara mendapatkan pinjaman tunai di pegadaian


TAGS bank vs fintech


-

Author

Mengulas berbagai informasi terutama tentang keuangan, investasi dan macam-macam kredit

Follow Me